10 Bangun Ruang

Apr 9, 2019
Matematika

Dalam matematika, bangun ruang adalah objek tiga dimensi yang memiliki volume. Terdapat berbagai macam jenis bangun ruang yang memiliki sifat-sifat dan rumus-rumus tersendiri. Dalam artikel ini, kita akan membahas 8 contoh bangun ruang beserta rumusnya secara lengkap.

Kubus

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki 6 sisi yang sama besar dan 12 rusuk yang sama panjang. Rumus volume kubus dapat dihitung dengan V = s x s x s, di mana s adalah panjang sisi kubus.

Balok

Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Rumus volume balok adalah P x L x T, di mana P adalah panjang, L adalah lebar, dan T adalah tinggi balok.

Prisma Segitiga

Prisma segitiga memiliki 5 sisi dan 9 titik sudut. Rumus volume prisma segitiga adalah 1/2 x alas x tinggi x t, di mana alas adalah panjang alas segitiga, tinggi adalah tinggi prisma, dan t adalah tinggi segitiga.

Bola

Bola adalah bangun ruang yang bentuknya bundar sempurna. Rumus volume bola adalah 4/3 x π x r^3, di mana r adalah jari-jari bola.

Tabung

Tabung memiliki 3 sisi yaitu 2 sisi lingkaran dan 1 sisi selimut. Rumus volume tabung adalah π x r^2 x t, di mana r adalah jari-jari lingkaran alas tabung dan t adalah tinggi tabung.

Kerucut

Kerucut memiliki 2 sisi, yaitu 1 sisi lingkaran dan 1 sisi selimut kerucut. Rumus volume kerucut adalah 1/3 x π x r^2 x t, di mana r adalah jari-jari lingkaran alas kerucut dan t adalah tinggi kerucut.

Limas

Limas memiliki alas segitiga dan 4 sisi segiempat. Rumus volume limas adalah 1/3 x luas alas x t, di mana luas alas adalah luas segitiga alas limas dan t adalah tinggi limas.

Prisma

Prisma adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki bentuk alas tertentu dan semua rusuknya sama panjang. Rumus volume prisma dapat dihitung dengan luas alas x t, di mana luas alas adalah luas bidang alas prisma dan t adalah tinggi prisma.

Demikianlah penjelasan mengenai 8 contoh bangun ruang lengkap dengan rumus matematika dan bagian-bagiannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pemahaman Anda dalam bidang matematika. Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai bangun ruang lainnya, jangan ragu untuk menjelajahi situs kami.