10 Nama-nama Malaikat yang Wajib Diketahui

Oct 7, 2018
Agama dan Budaya

Percaya kepada malaikat adalah salah satu rukun iman dalam agama Islam. Dalam keyakinan Islam, terdapat berbagai malaikat yang memiliki tugas dan kekuatan yang berbeda. Diantara mereka, ada 10 malaikat yang sangat penting untuk diketahui oleh umat Muslim. Berikut adalah daftar dari 10 nama-nama malaikat yang wajib diketahui:

Malaikat Jibril (Gabriel)

Malaikat Jibril adalah malaikat pembawa wahyu dari Allah kepada para rasul. Dia mengirimkan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW sehingga Nabi dapat menyampaikan pesan-pesan ilahi kepada umat manusia.

Malaikat Mikhail (Michael)

Malaikat Mikhail bertugas mengelola urusan rezeki dan kehidupan makhluk hidup. Dia memiliki peran penting dalam memastikan keselamatan dan kesejahteraan umat manusia.

Malaikat Israfil (Raphael)

Malaikat Israfil memiliki tugas meniup sangkakala sebagai tanda kiamat tiba. Dia akan meniupkan sangkakala dua kali untuk memanggil umat manusia ke hadapan Allah untuk dihisab amal perbuatannya.

Malaikat Izrail (Azrael)

Malaikat Izrail bertugas untuk mencabut nyawa setiap makhluk hidup sesuai dengan ketentuan waktu yang telah ditetapkan oleh Allah. Dia juga dikenal sebagai malaikat maut.

Malaikat Munkar dan Nakir

Malaikat Munkar dan Nakir adalah malaikat yang bertugas menguji orang-orang yang baru meninggal dunia di dalam kubur. Mereka akan menanyakan tentang keyakinan dan amal kebaikan yang telah dilakukan selama hidupnya.

Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan adalah malaikat penjaga pintu surga. Dia memiliki tugas untuk memastikan hanya orang-orang yang berhak masuk surga yang diperbolehkan memasukinya.

Malaikat Malik

Malaikat Malik adalah malaikat penjaga pintu neraka. Dia memiliki wajah yang garang dan tugasnya adalah menjaga orang-orang yang berada di dalam siksaan neraka.

Malaikat Mika'il (Mikael)

Malaikat Mika'il memiliki tugas menjaga tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan di bumi. Dia memastikan alam semesta tetap seimbang dan berfungsi dengan baik.

Malaikat Raqib dan Atid

Malaikat Raqib dan Atid adalah malaikat yang selalu mencatat amal perbuatan manusia. Mereka mencatat setiap perkataan, tindakan, dan pikiran manusia sehingga nantinya akan dijadikan bukti di hari kiamat.

Demikianlah informasi tentang 10 nama-nama malaikat yang wajib diketahui dalam keyakinan Islam. Semoga pengetahuan ini bisa menjadi bermanfaat bagi kita semua dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.